Selasa, 21 Oktober 2014

pertanian di asia

GAMAPENTA.BLOGSPOT.COM/2012/03/negara-negara-di-kawasan-asia-tenggara.html

PERBANDINGAN PERTANIAN ANTAR NEGARA DI ASIA


1. SINGAPURA
Perekonomian Singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, dan perindustrian. Industri Singapura menghasilkan kapal, elektronik, dan bahan makanan. Pertanian di Singapura memiiki areal yang sempit, oleh karena itu areal tanah pertanian ditambah dengan cara menimbun tanah yang berawa-rawa di tepi pantai. Hasil pertanian antara lain buah-buahan, sayuran, dan anggrek. Peternakan di Singapura terdapat di sekitar kota. Hewan ternak tersebut antara lain unggas dan sapi perah. Kawasan industri di Singapura terdapat di daerah Jurong.

2. MALAYSIA
Kegiatan ekonomi utama penduduk Negara Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertanian menghasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, lada, dan padi. Pertambangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi. Malaysia merupakan penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari baja dan barang elektronik.

3. BRUNEI DARUSSALAM
Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang impor Negara Brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula. Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang paling tinggi pendapatan perkapita penduduknya. Hasil pertanian di Brunei Darussalam adalah beras, gula, lada, dan kopra. Sedangkan hasil industrinya adalah tekstil.
 


4. THAILAND
Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil pertanian terbesar di Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil kehutanannya adalah kayu jati. Sedangkan pertambangan menghasilkan timah dan mangaan. Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik. Pariwisata merupakan penghasil devisa utama Negara Thailand. Contoh tempat wisata di Thailand adalah Pantai Pattaya, Chiang May, Ayuttaya, dan Bangkok.

5. MYANMAR
Hasil utama pertanian di Myanmar adalah padi. Myanmar merupakan penghasil padi terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. Hasi pertanian lainnya adalah kapas, padi, dan tembakau. Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi. Hasil industri Myanmar berupa semen, tekstil, pupuk, ubin, rami, farmasi, baja, dan makanan ternak.


http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_Jepang

6. JEPANG
Walaupun hanya 12% dari luas daratan di Jepang yang bisa dipergunakan untuk pertanian, namun hasilnya termasuk memuaskan. Besarnya hasil pertanian didukung oleh kesuburan lahan pertanian karena tanah yang mengandung abu vulkanis. Di samping itu, penggarapan lahan pertanian dilakukan secara intensif dengan didukung teknologi maju. Sektor pertanian adalah sektor yang diproteksi pemerintah dan menerima subsidi dalam jumlah besar.
Hasil pertanian Jepang berupa padikentangjagunggandumkacangkedelai, dan teh. Hasil peternakan berupa babiayamtelursapi dan susu. Sayur-sayuran berupa lobakkubisketimuntomatwortelbayam, dan selada. Sedangkan buah-buahan yang banyak ditanam adalah apel dan jerukApel merupakan produk unggulanTohoku dan Hokkaido. Buah pir merupakan produk pertanian unggulan Prefektur Tottori. Perkebunan jeruk berada di ShikokuShizuoka, dan Kyushu
Padi adalah tanaman pangan yang sangat diproteksi pemerintah Jepang, mereka mampu menghasilkan beras sebesar 50% dari kebutuhannya. karena mereka memiliki teknologi dan kesuburan tanah yang memadai,

http://www.dfat.gov.au/AII/publications/bab05/index.html
7. AUSTRALIA
Hasil pertanian utama di Australia
  • ternak hidup
  • susu
  • gandum
  • mentega, dan
  • buah-buahan
-Gandum ditanam di tempat-tempat yang curah hujannya cukup. Benih tanaman disebarkan sesudah turunnya hujan pertama di musim gugur. Tanaman pangan itu memerlukan curah hujan yang cukup selama musim dingin dan musim semi. Musim panas yang kering dan panas mematangkan tanaman tersebut
.
-Padi biasanya ditanam di daerah tropis yang banyak curah hujannya. Di Australia perlu dikembangkan cara-cara baru untuk menanam padi di lingkungan yang setengah gersang dan dingin.

-Berbagai jenis buah-buahan dari Eropa ditanam di daerah-daerah yang lembab dan sejuk di Australia. Ini meliputi buah apel, aprikot, jeruk (Gambar 5.9), buah pir, buah frambus, buah arbei, buah berri hitam, dan anggur (Gambar 5.8 dan 5.10). Biji buah badam dan kacang makadamia juga ditanam. Buah-buahan itu tumbuh di kebun-kebun buah-buahan yang pohon-pohonnya ditanam berderetan.
Panen anggur secara mekanis. Di belakangnya dapat dilihat hutan eukaliptus yang kering. Anggur berbuah pada akhir musim panas.


-Peternakan di daerah-daerah yang gersang ini sangat luas. Beberapa peternakan atau yang disebut 'station' luasnya mencapai 29.000 kilometer persegi dan jumlah ternaknya dapat mencapai 50.000 ekor. Apabila iklimnya sangat kering, hanya kira-kira satu ekor ternak saja yang dapat dipelihara di tanah seluas satu kilometer persegi.
Kebanyakan daerah-daerah peternakan ini terpencil. Tetangga terdekat letaknya
mencapai berkilo-kilometer jauhnya dan tidak ada sekolah, sehingga anak-anak belajar melalui radio dan televisi. Jika ada orang yang sakit, dokter dapat berkunjung dengan naik pesawat terbang.
Di beberapa daerah peternakan, para petani menggunakan helikopter, pesawat terbang ringan, dan kendaraan bermotor untuk menggiring ternaknya. Ternak tersebut dimasukkan ke dalam kereta dan dibawa ke tempat penyembelihan untuk disembelih dan diolah.
Kadang-kadang ternak sapi ditempatkan di kawasan berpagar dan diberi makan. Tujuannya adalah untuk menggemukkan sapi tersebut dalam jangka waktu yang pendek. Ternak tersebut dapat bertambah 1 kg beratnya setiap hari.
Kira-kira ada 26 juta ternak sapi. Ada sapi yang keturunan campuran khusus. Sapi jenis ini sangat berhasil diternakkan di daerah tropis. Sapi yang jenis campuran adalah kombinasi, misalnya antara sapi jenis Europa bos taurus (Lihat Gambar 5.17) dengan sapi jenis Asia Berleher Bonggol - Bos indicus (Lihat Gambar 5.18), misalnya. Beberapa dari sapi-sapi ini dapat dilihat pada Gambar 5.16 sampai 5.21.

Beberapa jenis ternak sapi yang dipelihara di Australia

Ternak sapi Brahman - Bos indicus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar